Polres Pematangsiantar Gelar Konferensi Pers Pengungkapan Kasus Penyalahgunaan Narkoba

Polres Pematangsiantar Gelar Konferensi Pers Pengungkapan Kasus Penyalahgunaan Narkoba

Polrespematangsiantar.id – Kapolres Pematangsiantar AKBP Budi Pardamean Saragih, S.I.K didampingi Kasat Narkoba AKP David Sinaga SH.MSi dan Kasubbag Humas Iptu Rusdi Ahya menggelar konferensi pers, Rabu (04/12/2019) di Mako Polres Pematangsiantar.

Sebanyak 17 orang tersangka berhasil diamankan oleh satuan narkoba Polres Pematangsiantar yang kesemuanya warga Siantar. Dua dari 17 orang tersangka masih pelajar serta satu orang perempuan dewasa.

“Kami tetap komitmen melakukan pemberantasan penyalahgunaan narkotika di Kota Siantar, dan ini salah satu bentuk penyelamatan generasi anak bangsa,” ucap Kapolres AKBP Budi Pardamean Saragih,S.I.K.

Lanjut Kapolres menjelaskan, bahwa selama November 2019,  telah mengungkap sebanyak 11 kasus penyalagunaan narkotika mulai dari kasus sabu, ganja dan ekstasi.

Dari 11 kasus narkotika yang berhasil diungkap, jumlah tersangka sebanyak 17 orang. “tersangka 14 orang dewasa, kemudian 2 orang anak-anak, dan 1 orang perempuan,” jelasnya Kapolres.

Dari 17  orang yang ditangkap, pihak mengamankan berbagai barang bukti terdiri dari ganja beratnya 17,72 Kilogram, kemudian sabu beratnya 30,09 Gram serta ekstasi beratnya 9,47 gram.

Bahkan dari 17 orang tersangka sebagian merupakan bandar, dan juga berstatus residivis kasus yang sama.

“Kalau untuk 2 orang tersangka anak dibawa umur tetap dijerat Pasal yang sama meskipun masuk dalam peradilan anak,” tegas Kapolres.

Kasat Narkoba AKP David Sinaga SH, MSi menambahkan, dari 11 kasus yang diungkap, ada 3 kasus ganja dengan jumlah tersangka sebanyak 4 orang, dan sisanya terjerat kasus sabu serta 1 kasus pil ekstasi.

Hanya saja 11 kasus narkotika yang diungkap, semua prosesnya masih pemberkasan. Paling banyak kita tangkap dari Wilayah Kecamatan Siantar Utara. Para tersangka ada yang telah dititip ke Lapas. (**)